Selasa, 10 Juni 2014

Pakan Organik Boiler

Membuat Pakan Ayam Boiler Organik 

Membuat Pakan Ayam Boiler Organik 
Kita tahu harga pakan ayam pabrikan sekarang, Sudah mahal semakin hari juga terus naik, Untuk menekan biaya pengeluaran pakan agar efisiensi maka pembuatan pakan merupakan salah satu cara untuk memperkecil angka FCR (Feed Convertion Ratio), sebab semakin sedikit biaya pakan yang kita keluarkan akan tetapi bobot yang kita peroleh bertambah tidak menutup kemungkinan hasil yang kita peroleh semakin bertambah pula. Berikut cara membuat pakan ayam organic untuk menghemat biaya pakan selama pemeliharaan.
Alat – alat Yang Digunakan Untuk Membuat Pakan :
  1. Mesin Giling
  2. Bak
  3. Timbangan
  4. Bahan-bahan Pakan Ayam Boiler Organik untuk difermentasi :
  5. Tepung Jagung 2,5 kg
  6. Dedak Padi (Katul) 2,5 kg
  7. Karak (Nasi Aking Kering) 1 kg
  8. Sayur mayur bisa pakai : Sawi, Kangkung, Bayam, Krokot, Gedebog, daun pepaya dan lainnya 1,5 kg
  9. Konsentrat jenis 511 bravo 1,5 kg
  10. Ampas tahu 0,5 kg
  11. Tepung Ikan 0,5 kg
  12. Pro Biotik 1 tutup botol (10 cc) untuk bahan 10 Kg
  13. Air 10 liter
Cara Pembuatan Pakan Ayam Boiler Organik

Campur semua bahan dan diaduk sampai rata kemudian campuran tersebut difermentasi dengan cara masukan kedalam ember(wadah yang lebih besar) lalu tutup rapat selama sehari semalam (24 jam).

Setelah difermentasi dilanjutkan proses pegilingan untuk dijadikan bentuk butiran supaya semua bahan dimakan semua tanpa memilih yang disukai saja, setalah itu keringkan dan langsung diberikan untuk pakan ayam. Jika pembuatan pakan dalam jumlah banyak atau untuk stok sebaiknya pakan diberi pengawet agar tidak mudah rusak dan harus kering sempurna, cukup mudah bukan? “selamat mencoba”

Bagi yang ingin membuat pakan ayam boiler organic sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran pakan silakan Anda praktekkan dan dapatkan Pro Biotik Ternak di 081227082276

Tidak ada komentar:

Posting Komentar